5 Rumah Adat yang Ada di Pulau Sumatera -->

5 Rumah Adat yang Ada di Pulau Sumatera

Monday, 20 December 2021, 19:25

Negara Indonesia ini adalah negara kepulauan yang didalamnya terdapat 34 provinsi. Di setiap daerahnya ini memiliki budaya yang sangatlah beragam. Kebudayaan ini diantaranya ada seni tari, rumah adat, bahasa, dan juga pakaian adat. Setiap provinsi tersebut punya ciri khas yang beda tapi tetap menarik. Salah satunya sumatera utara.


Di setiap provinsi yang ada di Indonesia memiliki rumah adat yang berbeda, rumah adat ini adalah rumah yang dibangun oleh nenek moyang mereka jaman dulu. Rumah adat ini bukalah rumah sembaranganm biasanya memiliki fungsi atau kegunaan tertentu. Salah satu pulau yang ada di negara Indonesia adalah pulau Sumatra. Di pulau ini ada 10 provinsi, yuk kita bahas beberapa rumah adat yang ada di pulau ini:

• Rumah Krong Bade 

Pertama ada rumah adat Rumah Krong Bade, rumah yang satu ini merupakan rumah adat dari Nanggroe Aceh Darussalam. Provinsi yang satu ini memiliki beberapa suku diantaranya ada suku Lambri, A-tse, Asji, Lam Muri, Atse, dan Achin. Pusat penyebaran agama islam dulu pusatnya ada di aceh. Rumah adat aceh ini memiliki nama Krong Bade, bentuk dari rumah ini sangat tinggi, biasanya tinggi dari tiang penyangganya bisa setinggi 2,5 hingga 3 meter. 

Rumah adat yang satu ini bahan dasarnya terbuat dari kayu. Pada bagian atapnya biasa terbuat dari daun enau atau daun rumbia yang sudah dianyam.

• Rumah Bolon 

Kedua ada rumah bolon,  rumah yang satu ini merupakan rumah adat sumatera utara, rumah yang satu ini juga biasa disebut dengan rumah suku batak. Bentuk dari rumah ini cukup mirip dengan rumah adat Krong Bade. Rumah ini di buat dengan tiang kayu dan dindingnya dari dari anyaman bambu. Atap dari rumah ini biasanya mengggunakan ijuk atau daun rumbia. Rumah yang satu ini di bangun tanpa menggunakan paku, walaupun begitu rumahnya tetap kokoh dan kuat. Rumah adat yang satu ini biasanya memiliki lukisan hewan, kerbau, atau patung cicak di atasnya. Warna dari rumah ini biasanya perpaduan antara warna putih, merah, dan juga hitam. 

• Rumah Gadang 

Ketiga ada rumah gadang, rumah adat yang satu ini merupakan rumah adat dari Sumatra barat. Bentuk dari rumah gadang ini hampir mirip dengan bentuk kapal. Bentuk dari atapnya melengkung dan panjang. Rumah gadang ini berbentuk persegi panjang dengan lantai yang ada di atas tiang. Tangga di rumah ini biasanya ada di bagian tengah rumah. Rumah adat ini kuat menahan goncangan dari gempa bumi hingga  8 skala richter.

• Rumah Selaso Jatuh Kembar

Keempat ada Rumah Selaso Jatuh Kembar, rumah adat yang satu ini merupakan rumah adat dari Riau.  Rumah adat ini terbuat dari berbagai bahan yang alami yaitu batu, kayu, dann juga daun. Atap dari rumah adat riau ini juga terbuat dari daun rumbia. Rumah adat ini pasti di buat dengan jenis kayu yang kualitasnya sangat bagus misalnya kayu medang, kayu punak, dan meranti. Rumah adat in hanya digunakan untuk tempat pertemuan adat saja.

• Rumah Panggung Kajang Leko

Terakhir ada Rumah Panggung Kajang Leko, rumah adat yang satu ini merupakan rumah adat dari jambi. Bentuk dari rumah adat ini yaitu persegi panjang. Atap dari rumah ini disebut dengan "Gajah Mabuk", pemberian nama ini di karenakan pembuat rumah adat ini tidak mendapatkan restu dari orang tuanya. Atap rumah ini dibuat dari sapu ijuk yang sudah dianyam. 


TerPopuler