Sejarah Terbentuknya Logo Sayap Motor Honda -->

Sejarah Terbentuknya Logo Sayap Motor Honda

Saturday, 9 October 2021, 02:28

Ketika mengingat sepeda motor pasti yang langsung terlintar di benak kita adalah motor Honda. Merk kendaraan yang satu ini suda sangat melekat untuk orang indonesia. Bahkan dibeberapa daerah, ketika orang menggunakan sepeda motor orang tetap menyebutnya naik Honda, padahal motor yang digunakan ini adalah merk motor lain seperti Yamaha atau Suzuki.


Merk Honda ini bisa dibilang sama dengan merk sanyo untuk pompa air atau bisa juga merk aqua untuk botol air kemasan, sama-sama di kenal dengan merk. Tapi apakah Anda tagu arti dari logo sayap tunggal yang dimiliki Honda? Dan kenapa logo Honda hanya memiliki satu sayap saja? Pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai logo sayap motor honda lebih dalam lagi yuk!


Awal Logo Sayap Motor Honda

Semua ini berawal pada tanggal 24 september tahun 1948 saat Soichiro Honda mendirikan sebuah pabrik otomotif,  lalu parik tersebut terus berkembang sampai saat ini dan menjadikan Honda menjadi salah satu pabrik yang cukup besar di dunia di tahun 1959. 


Honda ini memiliki hal yang cukup unik yaitu pada logonya, logo yang dimiliki sepeda motor dan mobil Honda ini berbeda. Logo pada mobil Honda, logonya hanya berbentuk huruf H yang berdiri tegak. Sedangkan untuk sepeda motor yang diproduksi oleh Honda, logonya berbentuk sayap.


Hal ini tentu saja berbeda dengan pabrik lainnya karena biasanya pabrik otomotif lainnya akan memiliki logo yang sama untuk sepeda motor atau mobil yang mereka produksi salah satunya adalah Suzuki. Suzuki ini memiliki logo yang berbentuk huruf S untuk sepeda motor dan juga mobilnya. 


Logo sayap honda yang saat ini ada pastinya memiliki makna yang baik, logo sayap ini awalnya berasal dari dewi yunani. Desain logo untuk sepeda motor honda ini langsung didesign sendiri oleh Soichiro Honda. Ketika membuat logo desin tersebut Soichiro Honda ingat pada Dewi Nike yang merupakan seorang dewi yang ada di dalam mitologi kuno.


Dewi nike ini merupakan seorang dewi kemenangan. Dewi nike ini punya sepasang sayap yang memiliki uran yang cukup besar pada punggungnya. Nah dari sayap ini lah Soichiro Honda langsung terinspirasi. Dari awalnya ada logo ini, logo ini telah di revisi sebanyak delapan kali hingga versi yang saat ini. 


Logo sepeda motor honda yang pertama ini muncul ditahun 1947, kemudian di revisi pada tahun 1948. Kemudian di tahun 1953 perusahaan ini pernah mengganti logonya menjadi dua sayap tapi di tahun 1968 logo tersebut berubah lagi menjadi satu sayap. Dan di tahun 1968 logo sayap ini tetap datu dan tidak banyak ada perubahan hingga saat ini.


Pasti diantara Anda ada yang bertanya-tanya kenapa sih logo sayap yang dimiliki motor honda ini hanya satu? Untuk hal yang satu ini memang belum banyak referensi untuk jawabannya, sekalipun Anda mencarinya di internet. Tapi ada sebuah jawaban yang paling sederhana untuk menjawab pertanyaan tersebut yaitu, karena sayap pada logo honda ini tampilannya di lihat dari sampin jadi hanya satu yang terlihat. 


Tapi jika kita lihat dari bagian belakang atau bagian belakang pasti sayap ini akan terlihat dua. Jadi Anda bisa menganggapnya Anda seperti melihat sayap burung dari bagian samping. Mungkin itu saja yang bisa kita bahas mengenai logo Honda, semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda ya!



TerPopuler