Breaking News

Cara Membayarkan Tagihan Pajak Mobil / Motor Anda


BPKB dan STNK
Memiliki kendaraan bermotor sekarang ini bukan menjadi hal yang mewah. Kendaraan bermotor baik yang roda dua atau juga roda empat adalah sebuah kebutuhan untuk beberapa kalangan masyarakat. dengan adanya mobil atau motor maka akan memudahkan kita dalam melakukan mobillisasi serta melakukan berbagai aktivitas lainnya. ada berbagai jenis dan juga merk kendaraan bermotor yang sekarang ini bisa ditemukan di Indonesia. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan dan juga anggaran yang Anda miliki. Dengan memilki kendaraan bermotor tentunya Anda akan lebih bisa mudah dalam berpergian. Terlebih untuk Anda yang sdah memiliki beberapa anak dengan begitu bisa dengan mudah membawa anak dan keluarga Anda sekaligus.

Seiring dengan majunya jaman, semakin banyak jumlah jumlah pengendara bermotor yang ada di Indonesia. Anda bisa melihat sendiri bagaimana padatnya jalan raya yang ada di kota besar. dan Anda juga bisa melihat sekarang ini hampir setiap rumah di Indonesia memiliki satu kendaraan bermotor baik itu motor maupun mobil. Tentunya akan merasa senang jika kita memiliki kendaraan bermotor yang kita inginkan, tetapi yang harus diingat adalah kita diwajibkan untuk cek pajak kendaraan bermotor sesuai dengan aturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Ini adalah kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan bermotor. Jika Anda telat dalam membayarkan pajaknya maka Anda akan dikenakan denda yang jumlahnya juga tidak sedikit. Setiap kendaraan bermotor biasanya memiliki biaya pajaknya sendiri. Anda harus memperhitungkannya dengan baik. Dan usahakan untuk selalu tepat dalam membayarkan pajak. Jika Anda tidak membayarkan pajak maka STNK Anda akan mati. Jika ada tilangan maka Anda bisa kena tilang dan tentunya hal ini akan lebih merugikan Anda. oleh karenanya Anda harus memperhatikannya dengan baik.

Untuk bisa mengetahui berapa jumlah pajak yang harus dibayarkan dan juga kapan harus membayarkan pajaknya. Anda bisa mengecek sendiri STNK yang Anda miliki. Atau jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih mudah maka Anda bisa melakukan pengecekan secara online atau juga sms. Anda bisa mengecek berbagai website samsat sesuai dengan daerah plat nomor dari kendaraan bermotor Anda. Anda hanya perlu untuk memasukkan nomor polisi dari kendaraan bermotor Anda maka akan ada banyak informasi yang Anda butuhkan bermunculan. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam membayarkan pajak otomotif mobil atau motor Anda. Anda bisa mengecek sendiri website dari samsat yang Anda tuju. Maka akan ada banyak informasi yang Anda butuhkan untuk bisa membayarkan pajak mobil yang Anda miliki. Selain dengan mengecek website yang telah tersedia, Anda juga bisa mendownload aplikasi yang sudah ada di dalam google playstore. Anda cukup untuk menginstallnya dan log in maka akan ada langkah berikutnya yang bisa Anda sesuaikan sendiri.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi dengan cara mengirimkan sms sesuai dengan format yang telag ditentukan dan nomor yang harusnya Anda tuju. Hal ini juga akan memudahkan Anda dalam mengetahui informasi pajak motor yang hendak Anda bayarkan. Hal ini juga akan membantu Anda dalam mengetahui informasi mengenai kendaran bermotor bekas yang hendak Anda beli karena sekarang ini banyak juga kendaraan bermotor bekas yang bermasalah jika informasi dari pihak resmi tidak sesuai dengan yang diberikan oleh penjualnya maka Anda sudah patut untuk mencurigainya dan mempertimbangkannya kembali untuk membelinya.

Jika sudah mengetahui jumlah serta kapan harus membayarkannya, maka Anda bisa membayarkan pajak dari kendaraan bermotor yang Anda miliki. Sekarang ini juga semakin dimudahkan dalam membayarkan pajak mobil. Ada berbagai pilihan cara untuk membayarkan pajak yang tentunya semakin memudahkan Anda.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membayarkan pajak kendaraan bermotor:

·  Membayarkan pajak melalui atm
Untuk bisa membayarkan pajak kendaraan bermotor melalui atm maka ada beberapa hal yang menjadi ketentuan yang sebaiknya Anda perhatikan dengan baik :
o        Mempunya rekening dari bank yang bersangkutan
o        Nomor dari kendaraan tidak sedang pada kendaraan yang di blokir
o        Hanya berlaku bagi yang hendak membayarkan PKB Setiap tahunnya
o        Tidak berlaku bagi yang hendak memper,anjang STNK lima tahunan atau juga ganti plat.
o        Dapat membayar pajak enam bulan sebelumnya jatuh tempo
o        Kendaraan dari nama perseorangan bukan dari perusahaan
o        Mempunyai nomor telepon aktif

· Melalui samsat online
Berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan adanya samsat online. Dengan adanya samsat online tentunya akan semakin memudahkan Anda dalam membayarkan pajak bermotor yang Anda miliki. Dengan perkembangan teknologi informasi yang ada tersebut maka akan semakin memudahkan Anda dalam membayarkan pajak. Berikut adalah beberapa layanan yang disediakan melalui samsat online :
  • Kendaraan bermotor dimana keadaannya adalah pengesahan STNK satu tahun
  • Kendaraan bermotor yang keadaannya adalah tidak berganti STNK
  • Kendaraaan bermotor dimana keadaannya diserta adanya BPKB, KTP dari pemilik asli serta adanya STNK
  • Kendaraan bermotor yang mana keadannya tidak mengalami keterlambatan melebihi satu tahun.
  • Kendaraan bermotor yang mana tidak dalam keadaan yang hilang atau juga rusak, laka, kriminal atau juga lapor jual

Terdapat dua manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya samsat online berupa :
  • Untuk samsat : samsat online akan menyajikan adanya data yang lebih akurat serta juga up to date, jadi Anda bisa melihat realisasi serta penerimanya per adanya UPT PPD atau juga keseluruhan
  • Untuk wajib pajak : bisa memudahkan dalam membayarkan pajak mobil, dikarenakan bisa membayarkan pajak kendaraaan pada kantor bersama dari samat yang ada dimana pun selama adanya dalam satu provinsi.

· Samsat drive thru
Salah satu inovasi yang dihadirkan oleh samsat adalah dengan adanya samsat drive thru. Samsat drive thru sendiri ada di beberapa daerah saja di Indonesia. misalnya saja di daerah DKI. Untuk warga yang ada di daerah DKI dan sekitarnya bisa membayarkan pajak dari STNK menggunakan ATM yang terdekat yaitu melalui Bank DKI, sedangkan bagi yang bukan nasabah dari Bank DKI maka bisa membayarkan pajak melalui adanya loket bank serta beberapa gerai dari samsat drive thru.

Berbagai hal diatas harus Anda ketahui untuk bisa membayarkan pajak dengan tepat waktu. Jika Anda telat dalam membayarkan pajak kendaraan bermotor maka Anda akan dikenakan denda yang tentunya akan membuat Anda semakin banyak dalam membayarkan pajak. Anda harus mengecek terlebih dahulu jumlah serta kapan Anda harus membayarkan pajak kemudian baru bisa membayarkan pajaknya. Anda bisa memilih salah satu dari cara diatas untuk bisa membayarkan pajak dengan mudah. Dengan salah satu cara diatas maka akan semakin membantu Anda dalam membayarkan pajak unit mobil atau motor Anda.

No comments