Breaking News

Menghemat Air Dan Listrik Saat Menggunakan Mesin Cuci

Saat ini pemerintah sedang melakukan kenaikan tarif listrik yang cukup besar. Tentunya warga pun harus mulai memikirkan bagaimana caranya menghemat penggunaan listrik. Jika tidak bijak dalam menggunakan listrik, maka tagihan listrik setiap bulan akan semakin membengkak. Kemudian hal ini berpengaruh pada budget pengeluaran anda tiap bulannya. Salah satu cara menghemat listrik adalah bijak dalam menggunakan mesin cuci.

Ya, mesin cuci memang memudahkan pekerjaan rumah setiap ibu rumah tangga. Waktu dan tenaga tidak akan terbuang banyak untuk mencuci. Namun, yang sering dilupakan orang yakni borosnya penggunaan air dan listrik. Selain tagihan listrik dan air yang membengkak, penggunaan air dan listrik secara berlebihan tidak baik bagi lingkungan. 

Karena mesin cuci menjadi barang elektronik yang menyedot banyak listrik dan air, maka harus ada solusi untuk menghematnya. Pada dasarnya, sangat mudah menghemat penggunaan listrik ini.

Pertama, pilihlah mesin cuci yang hemat listrik. Mesin cuci yang dijual di Pasaran memiliki banyak jenis. Agar tak salah pilih, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu jenis-jenis mesin cuci yang umum dijual. Anda bisa mencari referensi melalui media internet atau media elektronik. Sesuaikan juga dengan kebutuhan keluarga, jika mesin cuci merupakan kebutuhan yang mendesak, maka belilah. Pilih mesin cuci yang tidak membutuhkan daya besar dalam mengoperasikannya. Dan untuk menghemat air, anda disarankan untuk memilih mesin cuci dengan satu tabung bukaan atas.

Kedua, atur durasi menggunakan mesin cuci. Cara kedua ini mengatur durasi dan temperature pencucian. Misalnya, jika pakaian tidak terlalu kotor mungkin hanya membutuhkan waktu putaran mesin yang lebih cepat. Selain itu, atur juga temperature pencucian, gunakan suhu rendah atau air dingin saat mencucinya.

Ketiga, mengurangi frekuennsi mencuci pakaian. Apakah anda setiap hari mencuci menggunakan mesin cuci? sebaiknya mencuci pakaian sesuai kapasitas mesin untuk mengurangi frekuensi mencuci pakaian. Selain menghemat listrik, cara ketiga ini bisa menghemat detergen juga. Perlu diingat, mencuci beberapa hari sekali tidak berarti anda bisa memasukkan pakaian dalam jumlah banyak ke dalam mesin cuci. Justru hal tersebut bisa mengakibatkan kebersihan pakaian kurang optimal. 

Jadi, sebaiknya anda juga menghilangkan rasa malas dengan sesekali mencuci pakaian dengan cara manual. Gunakan mesin cuci saat anda merasa capek atau ingin pekerjaan cepat selesai. Toh, baik mencuci menggunakan mesin cuci atau dengan cara yang manual, kebersihan pakaian tetap harus menjadi prioritasnya.

Ada banyak merek mesin cuci yang bisa anda pilih. Namun, kalau boleh menyarankan anda bisa menggunakan merk Panasonic dan bisa dengan mudah anda temukan di situs belanja online JD.id atau langsung klik link ini https://www.jd.id/category/jual-mesin-cuci-875061775.html, disana akan anda temukan bermakan macam model mesin cuci panasonic bisa anda pilih sesuai selera, karena modelnya yang up to date anda pun disuguhkan model yang bervariatif. Semoga Bermanfaat.

No comments